SOLUSI PRAKTIS MENGHEMAT BBM

SOLUSI PRAKTIS MENGHEMAT BBM

Peningkatan harga BBM yang kita rasakan sekarang ini sudah dimulai sejak tahun 2014 yang lalu. Tahun 2014 hingga 2018 ditandai dengan perubahan kenaikan maupun penurunan harga BBM yang beruba- ubah, begitupun perubahan jenis bahan bakar premium diganti dengan pertalite.

Per tahun 2022 dimulailah kenaikan harga BBM terus mengalami peningkatan, hal ini dapat diamati dari setiap bulan terus mengalami perubahan harga yang signifikan hingga sekarang. Perubahan harga BBM ini terdiri dari jenis bahan bakar pertamax, pertamax turbo (RON 98), Dexlite, pertalite, maupun solar.

Kenaikan BBM sangat berdampak pada mayarakat terutama pada sektor ekonomi, dimulai dari harga sandang pangan yang beranjak naik. Kita menyadari bahwa kenaikan harga BBM adalah hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu kita harus mampu beradaptasi dengan kenaikan tersebut. adapun berbagai solusi yang dapat kita lakukan, seperti :

  1. Merubah Gaya Berkendara

Gaya berkendara setiap orang berbeda-beda pastinya, karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai keunikan masing-masing. Cara memperlakukan barangnyapun ada yang berhati-hati, ada yang tergesa-gesa ataupun agresif.

Gaya berkendara yang agresif, seperti melakukan akselerasi mendadak, akan menyedot bahan bakar lebih banyak. Untuk itu, hindari menginjak pedal gas yang terlalu dalam agar bahan bakar dapat terkontrol.

 

  1. Pilih Oli Yang Tepat Sesuai Kendaraan

Oli adalah minyak pelumas yang digunakan pada mesin kendaraan kita. Lebih tepatnya adalah cairan yang dimasukkan ke dalam mesin. Pada saat mesin dihidupkan, oli ini disirkulasikan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli. Oli mesin menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. pemilihan oli mesin juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Maka dari itu, disarankan kepada pemilik kendaraan agar selalu memilih oli yang tepat dengan mengikuti rekomendasi pabrikan.

 

Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik. Mengganti oli tanpa mempertimbangkan tingkat viskositas yang sesuai malah akan berpotensi distribusi pelumasan tidak baik. Hindari mengganti oli dengan spesifikasi lebih encer dari bawaan kendaraan. Spesifikasi oli yang terlalu encer bisa meningkatkan panas secara signifikan.

 

  1. Menggunakan Penghemat Bensin Alami

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan efisiansi pengguanaan BBM tersbut adalah menggunakan bahan aditif. Apa sih sebenarya bahan aditif penghemat BBM itu, zat aditif penghemat BBM adalah campuran bahan kimia yang ditambahkan ke bahan bakar untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

 

Walaupun beberapa produk penghemat BBM belum populer dimasyarakat umum, namun sejatinya sudah ada sejak lama. Beberapa pengusaha sudah melakukan riset untuk mencari bahan aditif yang mampu digunakan untuk penghemat bahan bakar. Salah satu produk terkenal mengenai bahan aditif penghemat BBM ialah IWS Cleanner, sudah banyak orang membuktikan penggunaan IWS Cleanner menjadi solusi dalam menghemat BBM mereka. Beberapa manfaat IWS Cleanner sebagai berikut:

  • Melumasi ruang piston agar gesekan piston dengan silinder menjadi lebih licin sehingga menguarangi konsumsi bahan bakar dan menambah tenaga.
  • Mumudahkan dan menghemat baiaya spare-part mesin saat turun mesin.
  • Cocok untuk menggunakan dalam skala besar seperti usaha trevel (kendaraan mobil/bus, koroseri dan usaha mengirimkan ekspedisi menggunakan truk atau blind van).
  • Bagi pemilik usaha, dapat menghemat biaya mainance yang cukup besar dengan menghemat biaya pembelian spare-part.

IWS Cleanner ini cocok dicampur dengn BBM jenis pertamax, pertalite, solar maupun jenis bahan bakar lainnya. Produk ini juga bisa digunakan dalam alat transportasi darat seperti mobil tua ataupun modern, motor, diesel, alat pemotong rumput yang sudah lama tidak digunakan.

Begitulah bebraapa solusi dalam menghemat BBM, selain beban keuangan Anda menjadi ringan, Anda juga turut menyumbang pada upaya penghematan persediaan bahan bakar minyak di masa depan.